Dalam melayani nasabah Anda, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Salah satunya yaitu cara berkomunikasi dengan nasabah anda. Oleh karena itu, BRI telah membuat Standar Layanan sebagai panduan anda untuk melayani nasabah.
Berikut adalah Standar Layanan Agent BRILink yang harus Anda perhatikan saat melayani nasabah Anda:
1. Nasabah datang dan menyampaikan ingin melakukan transaksi (setor tunai/transfer/beli pulsa, dll) di Mini ATM. Maka agent BRILink agar melakukan hal-hal sebagai berikut :
- Terimalah nasabah yang akan bertransaksi dengan menanggapi kebutuhan nasabah : “Mau setor tunai/transfer/beli pulsa ya Pak/Bu/Mas/Mbak?”
- Tanyakan kebutuhan nasabah lainnya apabila telah selesai bertransaksi dengan menyampaikan : “ada lagi pak/bu/mas/mbak?”
- Ucapkan terimakasih di akhir layanan/transaksi kepada nasabah dengan menyampaikan : “Terimakasih Pak/Bu/Mas/Mbak”
2. asabah datang dan menanyakan bagaimana cara untuk membuka produk tabungan melalui agent. Maka agent BRILink agar melakukan hal-hal sebagai berikut :
- Jelaskan syarat kelengkapan dokumen yang harus disiapkan nasabah dengan menyampaikan : “Untuk buka tabungan, cukup menyiapkan KTP dan fotocopy KTP Bapak/Ibu/Mas/Mbak”.
- Jelaskan fitur dan fasilitas produk tabungan minimal setoran Awal minimum, Saldo Maksimum, Biaya Administrasi dan Limit Transaksi. Berikut contoh penyampaiannya: “Saya jelaskan sedikit ya Pak/Bu/Mas/Mbak untuk produk tabungannya. Jadi untuk produk tabunganku ini setoran awal minimalnya mulai dari Rp.0,- dengan maksimum saldo Rp.10juta. Tidak ada biaya administrasi bulanan dan nanti Bapak/Ibu/Mas/Mba bisa bertransaksi diseluruh agent BRILink dan Unit Kerja BRI. Untuk batas maksimum transaksi seperti tarik tunai atau transfer dalam 1 (satu) bulan secara kumulatif paling banyak Rp.5juta. Pak/Bu/Mas/Mbak ____ nanti akan dapat buku tabungan. Setelah mendapatkan buku tabungan, Bapak/Ibu/mas/Mbak juga dapat mengajukan kartu ATM dan fasilitas e-banking BRI, tapi untuk kartu dan e-banking pengajuannya harus melalui Unit Kerja Penerbit Rekening/kantor cabang BRI ya Pak/Bu/Mas/Mbak.”
3. Nasabah datang untuk membuka tabungan melalui agent. Maka agent BRILink agar melakukan hal-hal sebagai berikut :
- Terima kelengkapan dokumen nasabah “sudah disiapkan KTP asli dan fotokopinya Pak/Bu/Mas/Mbak?”Arahkan nasabah dalam melakukan pengisian formulir pembukaan rekening dengan menyampaikan “Ini silahkan diisi dulu formulirnya ya Pak/Bu/Mas/Mba _____ [nama nasabah]”
- Konfirmasi kebenaran dan kelengkapan data pada formulir dengan data pada kartu identitas dan hasil wawancara dengan nasabah
- Minta nasabah untuk menandatangani formulir dan surat keterangan pernyataan pemblokiran rekening dan rahasia Bank dengan menyampaikan : “Mohon ditandatangani disini ya Pak/Bu/Mas/Mba”
- Informasikan perkiraan waktu untuk proses pembukaan rekening dengan menyampaikan : “Pak/Bu/Mas/Mbak______ [nama nasabah], pembukaan tabungannya diproses dulu ya, maksimal 1 minggu dari hari ini, saya akan hubungi Bapak/Ibu/Mas/Mbak lagi, untuk mengambil buku tabungan dan membawa setoran awal yang mau ditabung”
- Hubungi nasabah saat buku tabungan nasabah telah ada di agent dengan menyampaikan : “Selamat Pagi/Siang/Sore, dengan Pak/Bu/Mas/Mbak ______[nama nasabah] ya? Ini saya ______ [nama agent] Pak/Bu/Mas/Mbak dari Toko ______, Agent BRILink, mau infokan kalau buku tabungannya sudah jadi dan sudah bisa diambil”
4. Nasabah datang untuk mengajukan permohonan pinjaman mikro, Maka agent BRILink agar melakukan hal-hal sebagai berikut :
- Minta nasabah untuk mengisi dan menandatangani surat keterangan permohonan pinjaman dengan menyampaikan : “Ini silahkan diisi dulu formulirnya ya Pak/Bu/Mas/Mba _____ [nama nasabah] dan ditandatangani disini”
- Informasikan kepada nasabah bahwa yang bersangkutan akan dikunjungi oleh Mantri BRI dengan menyampaikan “Surat permohonan Bapak/Ibu/Mas/Mbak akan saya kirim ke Petugas BRI, Nanti berdasar permohonan ini, Pak/Bu/Mas/Mbak ______ [nama nasabah] akan dikunjungi oleh Petugas Mantri BRI, ditunggu ya Pak/Bu/Mas/Mbak”
0 komentar:
Posting Komentar